Blog, Paket Server Pulsa

Instalasi Modem Wavecom Fastrack M1306B-PP USB di Windows 7

 

Instalasi Modem Wavecom Fastrack M1306B-PP USB di Windows 7

 

 

Modem Wavecom Fastract

Bagi yang sudah sering mencoba menggunakan atau membuat aplikasi SMS Gateway/Server atau sejenisnya, pastilah tidak asing dengan modem yang satu ini.

Ya, modem wavecom saat ini sudah tidak ada lagi diproduksi pabrik (saat ini sudah berganti nama). Tetapi modem ini masih banyak ada dipasaran (refurbish). Selain harganya memang relatif murah meriah, kekuatannya juga masih di atas rata-rata modem GSM biasanya.

Pada tulisan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara melakukan instalasi modem ini pada Windows 7.

 

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentu saja mendapatkan modem ini, baik secara membeli atau meminjam. Silahkan browsing di internet terutama di forum-forum seperti http://kaskus.co.id. Yang jelas semua modem yang dijual, sebagaian besar (takut tulis semuanya) adalah modem bukan baru tetapi masih layak digunakan. Harganya berkisar mulai dari 300 ribuan ke atas.

 

  1. Seperti biasa, untuk keperluan instalasi, kita perlu drivernya. Silahkan download driver modem USB wavecom fastract di sini.

 

  1. Untuk melakukan instalasi, langsung tancapkan modem USB Wavecom Fastract ke usb komputer Anda. Kemudian buka Device Manager. Maka akan ada sebuah USB yang tidak dikenali, lihat gambar di bawah ini :

USB yang tidak dikenali

  1. Klik double USB yang tidak dikenali tadi, kemudia tekan tombol Update Driver, seperti di bawah ini :

Update Driver

  1. Sekarang, cari di mana driver nya disimpan.

lokasi file installer

 

  1. Jika berhasil, maka akan tampil seperti di bawah ini :

Driver sudah berhasil diinstal

  1. Sekarang akan muncul jendela tentang informasi terbaru dari hardware yang sudah berhasil terbaca tersebut. Kita hanya perlu mencatat nomor port yang terbaca. Gambar di bawah menunjukkan bahwa modem berhasil dipasang di port com17

Port com17

Sampai di sini , proses instalasi sudah berhasil. Tapi jika ingin mengetesnya, bisa digunakan perintah AT Command.

Program yang bisa digunakan adalah Putty. Klik disini untuk download putty.

File putty bukan installer, jadi langsung running saja dengan klik double file hasil donlod. Kemudian seting seperti di bawah ini.

Serial – com17 – 115200

 Perlu diingat bahwa com17 adalah hasil pembacaan langkah sebelumnya. Jika yang terbaca adalah com15, maka inputkan port15. Untuk 115200, perlu dicoba-coba yang mana yang berhasil. Ok, sekarang akan muncul layar hitam saat kita klik Open. Coba ketikkan seperti dibawah. ‘at’ tanpa tanda petik. Jika outputnya OK, artinya semua sudah beres.

 

Modem sudah siaaap !

 

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *